Danrindam Panen Kangkung di Secata Rindam IM

Aceh Besar – Komandan Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Danrindam IM), Kolonel. Inf. Niko Fahrizal, melakukan panen kangkung organik diatas lahan kosong seluas 1 hektar di Secata Rindam IM, Mata Ie, Aceh Besar, Selasa (6/2/18).

Panen kangkung tersebut dilakukan seusai olah raga Aerobik bersama.

Terlihat para pejabat Rindam IM seperti Kabaglat Rindam Iskandar Muda Kolonel Inf. Bram Abilowo, Dansecata Letkol Inf. Sunardi Istanto, Dandodik Bela Negara Letkol Inf. Slamet Riyanto serta para Dansatdik lainya, Perwira Staf dan anggota Rindam Iskandar Muda turut serta memanen kangkung bersama Danrindam.

Danrindam mengapresiasi upaya dari Dansecata Letkol Inf. Suardi Istanto yang telah memberdayakan siswa Secata disela-sela pendidikan yang padat dengan jam belajarnya. Danrindam IM juga berharap agar pemanfaatan lahan kosong dan lahan tidur perlu ditingkatkan serta dikembangkan.

“Disamping hasilnya untuk dikonsumsi oleh siswa sendiri, kebersihan juga terjamin karena menggunakan pupuk organik” katanya.

Dalam waktu bersamaan, Dansecata Rindam IM Letkol Inf. Sunardi Istanto menjelaskan, bahwa proses tanaman kangkung itu dilakukan oleh Siswa Secata saat diluar jam belajar dan dipandu langsung oleh pelatih.

“Selain kangkung, siswa Secata juga menanam tanaman sawi,” katanya.

Menurutnya, tehnik penanamannya sangat sederhana, yaitu hanya diawali dengan pembajakan, selanjutnya pembuatan bedeng atau gulutan. Lalu lahan ditaburkan pupuk kandang dan dibiarkan selama 3 hari agar unsur hara tanah sesuai untuk tanaman.

“Apalagi dua tanaman itu tidak memerlukan waktu yang lama. Sayur kangkung waktu panen 25 hari dan sawi 30 hari,” katanya.

Letkol Inf. Istanto berharap, setelah keluar dari Secata, selain jago perang, para siswa nantinya juga memiliki keterampilan budidaya syuran saat berdinas di Satuannya nanti.

“ Saya juga berharap, mereka juga bisa sebagai edukasi tanam sayur yang bisa bermanfaat buat diri dan media Komsos waktu berdinas di Satuan,” ucapnya.

Berbagi Informasi

    Leave a Reply