KASDAM IM TINJAU LAHAN KETAHANAN PANGAN RINDAM IM

Aceh Besar – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Joko Purwo Putranto, M.Sc., meninjau lahan ketahanan pangan milik Rindam IM, yang berlokasi di Desa Japakeh, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (10/09/20)

Dalam peninjauan tersebut Kasdam IM didampingi Irdam IM, Kapok Sahli, Asrendam IM, Kepuskop Kartika IM, Danrindam IM, Wadanrindam IM dan para pejabat Distribusi “A” Rindam IM.

Kunjungan Kasdam IM bersama rombongan di mulai dari melihat pengembangbiakan udang lobster air tawar dalam kolam terpal yang digagas oleh Serma Erwin.

Saat menyaksikan budidaya lobster itu, Kasdam IM menanyakan kepada Serma Erwin “Dari mana kamu dapat ide mengembangbiakan udang lobster ini?”.

Tak lama, Serma Erwin langsung menjawabnya.

“Awalnya saya pernah berkunjung ke Simeulue melihat pengembangbiakan udang lobster laut di sana, akan tetapi modalnya cukup besar sehingga saya terfikir mencari alternatif lain untuk mencoba mengembangbiakan udang lobster air tawar ini dengan berbekal ilmu secara otodidak. Alhamdulillah saya berhasil mengembangbiakan udang lobster ini dan saya juga bersyukur karena Danrindam IM mendukung dan memfasilitasi tempatnya,” ungkapnya.

Mendengar cerita itu, Kasdam langsung bangga dengan ide prajurit dari satuan Rindam IM tersebut.

“Hebat kamu Erwin, Danrindam! anggota yang seperti ini saya suka, ini merupakan pionir yang pertama berhasil mengembangbiakan udang lobster air tawar di daerah Aceh Besar,” pinta Kasdam IM.

Setelah dari lokasi pengembangbiakan udang lobster air tawar, Kasdam beserta rombongan bergerak menuju sektor peternakan sambil melihat perkebunan tanaman pisang dan singgah di kolam budidaya ikan patin dan gurame untuk menabur bibit ikan.

Saat tiba di tempat peternakan, Kasdam memuji program ternak kambing yang diprakarsai oleh Serka Saniman yang juga berasal dari satuan Rindam IM itu.

“Perkenalkan Serka Saniman ini anggota Rindam IM, dia beternak kambing. Mari sebarkan kecintaan untuk beternak, karena dapat meningkatkan ekonomi dan juga mensejahterakan keluarga kita. Ini suatu hal yang sangat luar biasa dan Kodam IM pasti mendukung program semacam ini,” ujar Kasdam IM.

Untuk diketahui, area ketahanan pangan milik Rindam IM berada di atas lahan kosong seluas kurang lebih 6,2 hektare. Lahan tersebut sudah satu bulan digarap oleh siswa prabinsa beserta seluruh organik Rindam IM atas perintah langsung Danrindam IM Kolonel Inf Marzuki. Adapun lahan ketahanan pangan tersebut terbagi beberapa sektor, di antaranya perkebunan, perikanan dan peternakan.

Di sektor perkebunan kurang lebih 5,9 hektar sudah di tanami pohon pisang, tanaman sayur dan pohon buah. Sedangkan di sektor perikanan, berada di lahan berukuran 600 meter persegi yang terbagi dari beberapa kolam yang sudah diisi oleh ikan mas, lele, patin dan gurame serta udang lobster air tawar.

Sementara itu, untuk sektor peternakan yang digagas oleh prajurit organik Rindam IM, terdapat 12 ekor sapi, 98 kambing dan 300 bebek yang berada di atas lahan seluas 600 meter persegi.

Maaf, Komentar ditutup untuk halaman ini.