RINDAM ISKANDAR MUDA MEMBANTU MASYARAKAT KURANG MAMPU DI DESA BINAAN

Aceh Besar, Resimen Induk Kodam Iskandar Muda membantu masyarakat kurang mampu di Desa binaan dengan melaksanakan pembuatan jamban sehat keluarga di Gp. Geundring Kec. Darulimarah Aceh Besar (04/4/19)

Secara bertahap Rindam IM melaksanakan pembuatan jamban keluarga untuk masyarakat disekitar wilayah binaan diantaranya Gp. Geundring, Gp. Punie dan Gp. Lheu Ue, yang dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret sampai dengan 24 April 2019 sebanyak 9 jamban dalam rangka karya bakti TNI semester I TA 2019 merupakan program dari Komando atas. Masyarakat yang masih belum mempunyai jamban layak dari segi kesehatan akan mendapat prioritas utama dari program jambanisasi tersebut, yang dalam pelaksanaan dilapangan dipimpin langsung oleh Kasiter Sbagum Rindam IM Mayor Inf Edi Susanto.

Pembuatan jamban geratis bagi masyarakat kurang mampu ini, merupakan bentuk nyata dan kepedulian Rindam IM dalam rangka meringankan beban masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan pembinaan teritorial Satuan Non Kowil di wilayah binaannya.

Kasiter Rindam IM Mayor Inf Edi menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan jambanisasi ini diawali dengan pendataan masyarakat yang belum memiliki jamban yang layak. Sehingga dari data tersebut akan didapatkan data yang akurat guna mendukung sarana dan prasarana pembuatan jamban sehat.

“Program ini merupakan tindak lanjut dari kepedulian Rindam IM dalam hal membantu masyarakat dan meningkatkan taraf kesehatan di Desa binaan, kita sadari bersama bahwa penyakit saluran pencernaan merupakan salah satu penyebab utama kematian didunia, termasuk di Indonesia. Sanitasi yang tak memadai ternyata menjadi penyebab utama timbulnya penyakit tersebut, untuk itu dengan ada nya program yang sudah digalakkan dari Komando atas ini mari kita bantu masyarakat sekitar yang kurang mampu untuk membuat jamban yang sehat” ujar Mayor Edi.

Pentingnya jamban yang layak pakai merupakan bentuk kepedulian terhadap sanitasi di lingkungan masyarakat, sedangkan sanitasi sendiri merupakan perilaku disegaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan mejaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Dengan demikian, adanya program jambanisasi dari Komando atas ini secara tidak langsung mendukung pemerintah dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat dan sadar akan sanitasi.

Maaf, Komentar ditutup untuk halaman ini.