RINDAM ISKANDAR MUDA ORIENTASI 655 CPNS KEMENKUM dan HAM RI WILAYAH ACEH

Aceh Besar. Sebanyak 655 CPNS jajaran Kanwil Kemenkumhan RI Wilayah Aceh lulusan SLTA/Sederajat dan S1 mengikuti oreientasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Lembaga Pendidikan Militer Rindam Iskandar Muda, Mata Ie. Selasa (23/1/2018).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kakanwil Kemenkum dan HAM wilayah Aceh, A. Yuspaharuddin, B.H.Bc.IP., S.H,.MH., orientasi dilaksanakan 1 hari saja di Rindam IM tanggal 23 Januari 2017.

655 orang yang mengikuti orientasi 72 diantaranya lulusan S1 untuk formasi jabatan analis keimigrasian 51 orang, dokter dua orang, perawat dua orang, dan pembimbing kemasyarakatan 17 orang. Sisanya 583 lulusan SMA/sederajat, 85 wanita dan 498 pria untuk penjaga tahanan/sipir se-Aceh yang semua lulusan CPNS tahun 2017.

Dalam sambutannya, A. Yuspaharuddin mengatakan bahwa kegiatan orientasi dalam rangka penanaman nilai-nilai disiplin untuk membentuk karakter sikap kepribadian, integritas serta ketahanan fisik dan mental guna mendukung pelaksanaan tugas. Memiliki fisik dan mental serta disiplin yang tinggi merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar bagi seorang petugas. Disiplin harus menjadi nafas bagi setiap aparatur negara dalam menjalankan tugas dan fungsinya, dengan ukuran-ukuran yang jelas sebagai parameter penilaian kinerja.
“Sebagai seorang penegak hukum, petugas Pemasyarakatan harus memiliki pola sikap yang handal, sigap dan disiplin dalam menjalankan tugas. Melalui sikap tersebut, kita harus mampu merubah keadaan di tengah berbagai macam sorotan yang dialamatkan kepada lembaga pemasyarakatan dan berita miring yang sering kita dengar seperti terjadinya pelarian napi, peredaran narkoba di lapas dan lain-lain”, ujarnya.

Lanjut beliau mengucapkan terima kasih kepada Danrindam Iskandar Muda Kolonel Inf Niko Fahrizal, M. Tr (Han) yang telah bersedia bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kami percaya sebagai pusat pendidikan bagi aparat, Rindam memiliki Pembina-pembina yang handal untuk melatih CPNS Kemenkum dan HAM. Kepada para pembina kami mohon kiranya dalam waktu yang singkat ini, dapat melatih para peserta sehingga tertanam nilai-nilai disiplin guna menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas nantinya.

Sementara itu, Danrindam Iskandar Muda Kolonel Inf Niko Fahrizal yang diwakili oleh Wadanrindam IM, Kolonel Inf Satyo Ariyanto mengatakan bahwa sikap displin merupakan modal dan bekal dalam pelaksanaan kegiatan maupun tugas dimana pun, terlebih lagi CPNS Kemenkumham merupakan petugas yang berhadapan dengan orang-orang yang penuh dengan masalah sehingga sangatlah tepat dengan pembekalan sikap mental disiplin para CPNS Kemenkum dan HAM RI wilayah Aceh ini, sebagai bekal menghadapi segala tantangan yang dihadapi.

“Kalian orang-orang terpilih untuk disiapkan di staf Kemenkumham RI wilayah Aceh, ambil ilmu yang didapat di Rindam ini, aplikasikan di lapangan dalam berdinas maupun kehidupan sehari-hari”, ucapnya.

Turut hadir dalam upacara Orientasi CPNS Kemenkumham, Wadan Rindam IM Kolonel Inf Satyo Ariyanto, para kepala Divisi Kanwil Kemenkum dan HAM Aceh, Kepala Unit dan Pelaksana Teknis sekitar Banda Aceh, Dandodik Bela Negara Letkol Inf Slamet Riyanto selaku komandan pembekalan, Aspers Kasdam IM yang diwakili Pabandya Jahril Letkol Inf M. Fahdi, Aster Kasdam IM diwakili Pabandya Wanwil Letkol Arm Kusdi. Para Kabag, para Dansatdik dan Staf Rindam Iskandar Muda.

Berbagi Informasi

    Leave a Reply